Entri Populer

Jumat, 18 Februari 2011

KRENGSENGAN DAN KARAGE

KRENGSENGAN DAN KARAGE
PENDAHULUAN
Daging merupakan bahan pangan yang penting dalam memenuhi kebutuhan gizi. Selain mutu proteinnya tinggi, pada daging terdapat pula kandungan asam amino esensial yang lengkap dan seimbang. Keunggulan lain, protein daging lebih mudah dicerna ketimbang yang berasal dari nabati. Bahan pangan ini juga mengandung beberapa jenis mineral dan vitamin. Manusia mengonsumsi daging sejak dimulainya sejarah peradaban manusia itu sendiri. Berbagai jenis ternak telah dikembangkan untuk diambil dagingnya, baik ternak besar (seperti sapi atau kerbau) maupun ternak kecil (seperti domba, kambing, dan babi). Selain jenis ternak tersebut, beberapa ternak lain juga dapat digunakan sebagai sumber daging untuk konsumsi manusia. Dewasa ini daging telah banyak diolah menjadi berbagai macam produk makanan olahan daging dengan tujuan bermacam-macam, seperti untuk menambah keanekaragaman makanan, meningkatkan nilai gizi makanan, menambah daya simpan produk olahan daging dan lain-lain.

1.      Krengsengan
Krengsengan adalah masakan yang biasanya terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil (2X2 cm), yang diberi bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, (dihaluskan terlebih dahulu) ditambah dengan kecap manis pada waktu memasak, sehingga tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua, ada juga yang dicampur dengan bagian jeroan kambing. Masakan yang khas menggunakan daging kambing ini biasanya dijumpai bersama gulai kambing, dan tongseng yang juga menggunakan daging kambing. Masakan ini umumnya dikenal di Jawa Timur , Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Bahan:
-    0,25kg daging sapi
-    4 sendok makan petis udang
-    4 sendok makan minyak goreng
-    4 gelas air
Bumbu:
-    1 sendok teh lada
-    6 buah cabai rawit
-    6 buah bawang merah
-    1 siung bawang putih
-    2 buah tomat
-    2 sendok makan kecap manis
-    Garam

Cara Mengolah:
a.    Daging dicuci lalu direbus. Dipotong – potong.
b.    Haluskan semua bumbu, tambahkan petis, aduk hingga rata.
c.    Masukkan potongan daging sapi ke dalam bumbu.
d.    Tambahkan air dan rebus sampai matang. Tunggu sampai kental.
e.    Angkat. Sajikan panas.

1.        Karage
 
            Karage adalah produk olahan daging yang menyerupai nugget hanya bahan bakunya adalah daging irisan (’slice meat’), dengan sedikit atau tanpa penambahan daging giling. Penambahan daging giling bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan daging yaitu bagian yang tidak dapat digunakan untuk ’slice’ seperti daging iga atau tetelan lainnya digiling kemudian diikat oleh skim dan dicampur dengan daging ’slice’. Prosespembuatannya sama dengan nugget (diagram alir Gambar 5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi daging giling : skim = 3 : 1 lebih disukai baik dari hasil analisis fisik maupun preferensi secara organoleptis. Secara umum penggunaan berbagai tingkat campuran daging giling dan skim dalam produk karage tidak mengubah komposisi kimiawi dan sifat produk secara nyata (RAHARDJO et al., 2003).
AYAM KARAGE

Bahan :
Ayam momo 2 kg
Jahe 1 siung besar, diparut
Bawang putih 3 siung, diparut
Spicy curry powder 3 sdk mkn
Kombu dashi 1 sachet
Garam secukupnya
Soyu 4-5 sdk mkn
Telur 1 butir
Minyak goreng 1 sdk mkn
Tepung kanji 4 sdk mkn
Tepung terigu 4 sdk mkn
Susu 4 sdk mkn

Cara :
  1. Ayam momo dipotong sesuai selera
  2. Masukkan jahe parut, bawang putih parut, spicy curry powder, kombu dashi, garam secukupnya, soyu, telur & minyak goreng. Campur menggunakan tangan.
  3. Masukkan tepung kanji, tepung terigu, campur kembali, selanjutnya tambahkan susu.
  4. Diamkan selama 10 menit.
  5. Goreng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar