Entri Populer

Senin, 18 Maret 2013

Metode Cara Pembuatan Pakan Unggas


Sebelum kita meracik, meramu, mencampur, dan membuat pakan unggas khususnya ayam kampung perlu mengetahui metode cara pembuatan pakan unggas terlebih dahulu. Metode ini digunakan untuk menghitung kadar atau nutrisi yang terkandung dalam pakan ayam kita. Dengan berlandaskan teori tersebut diharapkan bahwa ayam kampung kita mendapatkan nutrisi cukup dan seimbang dengan kebutuhannya setiap hari. Dan pada akhirnya mendapatkan hasil ransum murah, mudah, efektif dan efisien yaitu kualitas pakan itu sendiri.

Dalam artikel ini kami mencoba belajar tentang metode untuk digunakan dalam pembuatan pakan murah berkualitas. Langkah ini digunakan pula oleh beberapa produsen pakan unggas komplit yang terus mengembangkan cara dan metode dalam pencampuran serta pembuatan pakan unggas.

Tujuan
1. Menemukan formulasi tepat agar penggunaan bahan pakan tidak melampaui batas. Kenapa penggunaan bahan pakan harus dibatasi? Lihat alasannya di batasan penggunaan bahan pakan unggas.
2. Menentukan harga yang harus dikeluarkan dengan tujuan menghemat biaya produksi
3. Membuat pakan berkualitas yaitu memenuhi standar ketercukupan gizi ayam itu sendiri. 
Kebutuhan nutrisi ayam kampung sudah kami tulis pada kebutuhan nutrisi ayam kampung.
4. Menentukan pakan berdasar umur. 
Seperti kita tahu bahwa jenis pakan dapat dibedakan menurut bentuk dan fungsi pada umur ayam. Jenis pakan berdasar umur tertulis pada jenis pakan ayam kampung berdasar umur.

Berdasarkan tujuan tersebut dapat kita simpulkan untuk komposisi pakan ayam kampung bermutu. Adapun metode cara pembuatan pakan adalah sebagai berikut :
Cara Manual
Pembuatan pakan dengan cara manual adalah penghitungan dengan cara menyusun dari beberapa bahan pakan, kemudian ditentukan jumlahnya dengan cara menghitung di atas kertas. Kelebihan menggunakan cara ini adalah kemudahan dan kemurahan menentukan dalam menyusun pakan. Kekurangan cara ini adalah kurang bisa diteliti dari segi nutrisi dan harga. Metode yang sering digunakan adalah metode pearson square dan metode aljabar. Mari kita bahas!

A. Metode Pearson Square
Meode pearson square adalah metode yang digunakan untuk menjumlahkan kandungan salah satu kebutuhan nutrisi apabila dicampur dengan dua atau lebih bahan pakan. Dengan memperhatikan kandungan nutrisi terkandung di dalamnya kemudian dianalisa berapa harus kita perlukan. Contoh sebagai berikut :
metode pearson square


metode pearson square
metode pearson square


metode pearson square


  
B. Metode Aljabar
Penggunaan metode aljabar yaitu penghitungan secara matematika bila mengetahui 1 bahan pakan kemudian akan dicampur apa agar bisa memenuhi kandungan nutrisi tersebut. Contoh sebagai berikut :
metode aljabar
Cara Komputersiasi
Cara komputerisasi adalah cara meracik bahan pakan dalam % kemudian memasukkan data untuk dianalisa oleh komputer. Cara ini relatif lebih cepat namun membutuhkan biaya tidak murah. Sofware untuk pembuatan pakan berkualitas ini dibandrol dengan harga Rp. 6.000.000,-. Sungguh merupakan investasi bukan? Namun cara komputerisasi ini dapat kita gunakan dengan exel.

Nah bagi teman-teman yang sudah memiliki metode pembuatan pakan dengan exel sekiranya berbagi buat kami. Akhir kata salam sukses peternak ayam Indonesia.

Banyak sekali impian-impian kita mula-mula tampak seperti tidak mungkin tergapai. Lalu pelan-pelan, bila kita percaya,  mulai tampak mungkin terjadi, lama kelamaan bila kita berhasil mengumpulkan keberanian dan kemauan kita untuk menggapainya, impian tersebut akan benar-benar akan segera menjadi kenyataan. By Christopheer Reeve

Tidak ada komentar:

Posting Komentar